500 Gol Lagi, Messi!

caulhobueaao8gd

Ini adalah satu dari ratusan tulisan di dunia ini yang isinya menyanjung pemain dengan koleksi Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah. Ya, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Mungkin anda semua – termasuk saya – sudah bosan membaca berita yang isinya Messi melulu, dan saya sebagai penulis (amatir) ‘pun akan berpikir dua kali jika ingin membuat tulisan tentang Messi.

Karena bisa dibilang membaca tulisan tentang Messi setiap hari sama halnya dengan memakan roti terenak di dunia setiap sarapan pagi. Membosankan.

Tetapi pencapaian Leo – sapaan akrab Messi – pagi hari tadi membuat saya ‘terpaksa’ harus membuat tulisan akan dirinya. Karena jika tidak, mungkin itu akan menjadi dosa terbesar kedua setelah berpikir bahwa Sergio Busquets adalah pemain yang buruk.

***

Pada pertandingan semifinal leg pertama Copa del Rey, Barcelona menjamu Valencia di Camp Nou. Barcelona sepertinya akan menang mudah di laga ini, mengingat Enrique kembali mengandalkan trio MSN di ujung tombak, serta hadirnya Busquets dan Iniesta di lini tengah semakin meyakinkan para cules bahwa tim kesayangannya akan menang mudah malam itu.

Dan keyakinan ini semakin diperkuat dengan rangkaian hasil buruk tim besutan Gary Neville yang baru empat kali menang dari 15 pertandingan, dengan presentase kemenangan sebesar 26,67%.

Hasilnya? Tidak ada kejutan. Barcelona menang 7-0, Suarez mencetak 4 gol, dan Messi mencetak 3 gol. Benar-benar hasil yang wajar bagi tim sekelas Barcelona dan pemain sekelas Suarez dan Messi.

Tetapi bukan kemenangan telak Barcelona, quat-trick Suarez, serta hat-trick Lionel Messi yang ingin saya bahas di sini. Melainkan sebiji gol Messi di menit 59 – gol keduanya di laga itu. Ya, gol tersebut adalah gol ke-500 pemain dengan nama lengkap Lionel Andres Messi sepanjang karirnya di Barcelona dan timnas Argentina (senior dan junior).

Golnya tersebut menyejajarkan dia dengan pemain-pemain legendaris yang sudah terlebih dahulu melewati milestone 500 gol seperti, Cristiano Ronaldo, Gerd Mueller, Ferenc Puskas dan – tentunya – Pele.

Lalu apanya yang spesial? Kalau tidak salah Pele sudah mencetak lebih dari 1000 gol, bukan?

Iya, jika dibandingkan dengan 1281 gol milik Pele – si bocah ajaib – alih-alih mengalahkan-nya, gol Messi yang ‘baru’ 500 untuk mendekati saja, tidak bisa. Messi dengan 501 gol, 204 assist, 28 trofi, 5 Ballon d’Or, 3 Sepatu Emas, 2 trofi UEFA Best Player, 1 MVP Piala Dunia, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Pele.

Karena – menurut Pele – tidak akan ada seorang pun yang bakal lebih spesial, jika dibandingkan dengannya. Ditambah lagi, hanya dia satu-satunya manusia di dunia ini yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak tiga kali dan menjuarainya – untuk pertama kali – di usia 17 tahun.

Tetapi yang saya ingin coba katakan adalah, Messi yang sudah memenangkan semua trofi – kecuali Piala Dunia dan Copa America – dan telah merasakan semua gelar pribadi yang saya sebutkan di atas, selalu dan tetap termotivasi untuk memenangkannya lagi.

“Bagaimana supaya tetap termotivasi ketika sudah memenangkan semuanya? Jawabannya adalah saya hanya ingin menang. Saya ingin pensiun dengan trofi sebanyak mungkin.” ujar Messi.

Mungkin sebagian dari kita atau kebanyakan manusia lainnya, akan puas ketika sudah mencetak 200 gol, atau sudah memenangkan 2 trofi liga Champions, atau mungkin pernah merasakan megahnya trofi Ballon d’Or.

Tetapi lain dengan Messi, ketika dia sudah menang, dia tidak puas. Dia ingin lebih. Ketika berhasil mencetak 100 gol, dia hanya senang sebentar lalu fokus untuk mencari 100 lagi. Begitupun ketika ia meraih trofi liga Champions, Ballon d’Or, atau sepatu emas, ia hanya merayakan secukupnya dan langsung fokus untuk tantangan yang menunggu di depannya.

Jadi, dengan umurnya yang masih 28 tahun dan dengan mentalnya yang sekeras baja, bukan tak mungkin melihat Messi memamerkan baju Barcelona dengan nomor 1000 di punggungnya.

Ayo, Leo! Cetak 500 gol lagi! Kita buat orang-orang di masa depan melontarkan pertanyaan, “Siapa sih, Pele itu?”.

4 Februari 2016

Gambar: https://pbs.twimg.com/media/CaUlHOBUEAAo8GD.jpg atau via twitter @fcb_onetouch

Advertisements

2 thoughts on “500 Gol Lagi, Messi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s